Sabtu, 17 Oktober 2015

Gigi Palsu Permanen

Gigi Palsu Permanen - Gigi Palsu secara garis besar terbagi jadi 2, yaitu Gigi Palsu Permanen dan Gigi Palsu Lepasan. Gigi Palsu Permanen adalah gigi palsu yang dipasang permanen oleh dokter gigi yang sehari-harinya tidak bisa dilepas pasang oleh pasien. Gigi Palsu Lepasan adalah gigi palsu yang bisa dilepas pasang oleh pasien.

Gigi Palsu Permanen
Gigi Palsu Permanen terbagi menjadi beberapa jenis

1. Implant Gigi (Dental Implant)
Implant gigi merupakan gigi palsu permanen yang ditanam dalam gusi dan berdiri sendiri. Implant terdiri dari 2 bagian, part 1 implant, yang ditanam dalam gusi dan berfungsi sebagai akar buatan dan part 2 crown+abutment, yang membentuk struktur mahkota giginya.


Jeda waktu dari pasang Implant (part 1) ke Crown (part 2) biasanya minimal 1.5 sampai 3 bulan. Waktu 1.5 bulan ini dibutuhkan supaya implant menyatu kuat dulu dengan gusi, baru kemudian dipasang mahkota (crown) dan mendapat beban kunyah. Sembari menunggu, kalau gigi yang ompong adalah gigi depan, biasanya akan dibuatkan gigi palsu sementara yang lepasan supaya tidak terlihat ompong.


Butuh jeda 1.5 bulan dari pemasangan implant ke pemasangan mahkota tiruannya. Mengenai biaya, dibandingkan gigi palsu lainnya, implant memang paling mahal, tetapi tingkat kenyamanannya paling tinggi. Dengan implant, pasien tidak akan merasa seperti pakai gigi palsu. Orang lain pun biasanya tidak akan menyadarinya karena implant terlihat seperti gigi asli. Penjelasan lebih lanjut mengenai Implant Gigi dapat dilihat disini: Dental Implant – Implan Gigi

2. Crown (Mahkota tiruan)
Crown merupakan mahkota palsu yang dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang rusak akibat lubang, keropos, atau patah.


Crown hanya menggantikan mahkota yang rusak dan tidak menggantikan akar gigi, sehingga gigi tidak perlu dicabut dan akar gigi harus cukup kuat.

3. Bridge
Bila pasien kehilangan 1 atau lebih gigi, salah satu alternatif gigi tiruan pengganti yang sifatnya permanen adalah Bridge.



Berbeda dengan implant yang ditanam di dalam gusi, Bridge disangga oleh gigi-gigi disebelahnya, jadi gigi-gigi disebelahnya perlu dikecilkan terlebih dahulu sebelum bridge dipasang.


4. Maryland Bridge
Maryland Bridge merupakan pengembangan dari Bridge dan biasanya lebih diminati karena lebih ekonomis dan waktu pengerjaannya lebih cepat.



Marlyland Bridge tetap menggunakan gigi-gigi disebelahnya sebagai penyangga, tetapi gigi-gigi disebelahnya tidak perlu dikecilkan, hanya perlu dipreparasi sedikit sehingga muat untuk dipasangkan penyangga.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Global Estetik Bintaro dengan gratis. (buat gigi palsu)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Gigi Palsu